Disarikan dari : http://halojepang.com/

(Saga-Jepang) Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Prefektur Saga, Minggu (25/12), menampilkan pertunjukkan musik angklung, dalam acara End Year Party yang dilaksanakan di S-Platz, Kota Saga.

Dihadapan sekitar 100 orang yang berasal dari 10 negara, 9 orang anggota PPI Saga membawakan lagu Gundul-Gundul Pacul asal Jawa Tengah, Yamko Rambe Yamko asal Papua, dan Heavy Rotation, lagu yang dipopulerkan AKB48.

“Pemilihan lagu disesuaikan dengan angklung yang kami punya. Karena hanya memiliki nada 1 oktaf, maka kami mencari lagu dengan nada yang sederhana,” ujar Rani Agustina Wulandari (34 tahun), salah seorang perwakilan PPI Saga yang turut tampil mempertunjukkan musik angklung.

End Year Party merupakan acara yang diselenggarakan organisasi Ladies Dream Action (LDA) Japan setiap akhir tahun, dengan tujuan memperkenalkan budaya asing kepada warga Jepang. Tidak hanya menyelenggarakan “End Year Party”, LDA Japan juga membuka kelas “World Culture Club”, dengan mengajarkan berbagai bahasa asing mulai dari Perancis, Inggris, Korea, Cina, Indonesia, bahkan bahasa isyarat kepada warga Jepang atau asing.

“Awal keterlibatan PPI dalam End Year Party, saat salah seorang anggota PPI menjadi pengajar dalam kelas bahasa Indonesia LDA Japan. Sejak saat itulah kami menjadi bagian dari End Year Party dan mempertunjukkan kebudayaan Indonesia,” ujar Rani. “Kami pernah menampilkan paduan suara dan tari Poco-Poco sebelumnya, dan pada End Year Party tahun ini kami sangat bangga dapat menampilkan dan memperkenalkan angklung kepada warga Jepang dan warga asing lainnya.” (Nova)