MEMPERBARUI VISA BELAJAR

Visa belajar (“Ryuugaku” visa) harus diperbarui setiap tahun di kantor Imigrasi setempat, dan hanya berlaku untuk satu tahun. Dokumen-dokumen yang diperlukan :

  1. Zairyuu Kikan Kousin Kyoka Shinseisho : formulir permohonan, yang bisa didapat di kantor imigrasi.
  2. Zairyuu Kikan Kousin Riyuusho : surat yang menyatakan alasan perpanjangan visa yang harus ditulis dalam bahasa Jepang dan ditulis sendiri dengan format bebas. Surat ini hanya diperlukan untuk mahasiswa ‘selain dengan biaya negara RI’ seperti mahasiswa dengan biaya dari Monbusho, biaya sendiri (Shihi Ryuugakusei), NGO swasta, dll.
  3. Zaigaku Shoumeisho : surat yang menyatakan pelajar dari suatu universitas tempat belajar, yang bisa didapat di kantor administrasi universitas.
  4. Gakugyou Seiseki Shoumeisho : daftar nilai yang bisa diperoleh di kantor administrasi universitas.
  5. Hoshou Shoumeisho : surat garansi bisa mencukupi biaya hidup dan sekolah. Catatan : untuk mahasiswa yang dibiayai Monbusho bisa mendapatkannya di kantor administrasi universitas. Untuk mahasiswa yang dibiayai pemerintah RI, bisa mendapatkannya dari KBRI Tokyo melalui JIF. Untuk mahasiswa biaya sendiri menunjukkan rekening tabungan (fotocopi-an) yang berisi bukti transferan uang dari orang yang membiayai atau bukti penerimaan uang dari part time job (arubaito).
  6. Shikakugai Katsudou (working permit) bagi mahasiswa biaya sendiri yang mengandalkan hidup dan biaya kuliah dari arubaito.
  7. Paspor
  8. Gaikokujin Touroku Shoumeisho (KTP)
  9. Materai senilai 4,000 yen yang bisa dibeli di kombini dekat kantor imigrasi

Teknisnya dapat dilakukan dengan datang langsung ke kantor imigrasi setempat atau diurus oleh pihak universitas melalui “International Students Group”. Setelah semua dokumen lengkap dan diserahkan ke pihak imigrasi, biasanya baru akan menerima keputusan bisa diperpanjang atau tidak visanya sekitar 10 hari kemudian (silakan ditanyakan pada petugas imigrasi atau staff universitas yang mengurus).

MEMPERBARUI “GAIKOKUJIN TOUROKU SHOUMEISHO”

Setelah memperbarui visa, anda harus melaporkan diri kembali ke kantor kota dimana anda tinggal dengan membawa paspor yang sudah diperpanjang visanya dan Gaikokujin Touroku Shoumeisho.